Walikota dan Ribuan Ummat Budha ikuti Prosesi Lilin



P.Siantar.

Hari Raya Tri Suci Waisak merupakan salah satu hari raya utama dalam Agama Budha, dimana hari raya tersebut memperingati tiga peristiwa penting, yakni lahirnya Pangeran Siddharta Gautama, kemudian Pangeran mencapai Budhaan dan wafatnya Sang Budha ( Maha Parinibbana).

Dijelaskannya, bahwa  prosesi lilin ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh Vihara Samiddha Bhagya dengan tema “ Semoga semua Makhluk Hidup berbahagia”.

Dengan demikian mari kita bersama-sama mendoakan agar dengan perayaan Tri Suci Waisak ini dapat meneladani sifat-sifat luhur dari Sakyumi Budha sebagai junjungan seluruh ummat Budha.

Demikian sambutan Walikota P.Siantar Hulman Sitorus SE saat menghadiri Prosesi Llilin dalam rangka memperingati Hari Raya Tri Waisak 2555, yang diawali kebaktian singkat yang dipimpin oleh Y.A Bhiksuni Virya Diepa didepan c, Jl. Thamrin hari Senin ( 16/05) 2011 malam hari.


Kemudian dilanjutkan dengan penyalaan Lilin oleh Walikota P.Siantar, Rujono SA.g dari Kementerian Agama Kota P.Siantar, Ersen Chandra mewakili Vihara Samiddha Baghya, tokoh masyarakat Rudy Wu SP.d ( Anggota DPRD Kota P.Siantar) dan Tjong Gah Ikha.

Ketua Panitia Erbin Chandra mengungkapkan kegembiraannya dengan keikutsertaan Walikota berserta puluhan pimpinan SKPD dalam prosesi lilin tersebut. Diharapkannya, dengan moment ini kiranya lebih ditingkatakan rasa Kedamaian, kekeluaragaan dan rasa memiliki Kota P.Siantar.



Selesai itu, Walikota bersama rombongan dan seribuan ummat Budha, melakukan prosesi lilin dengan mengitari Jl. Sutomo, Jl. Surabaya, Jl. Merdeka lalu kembali ke tempat acara.

Y.A Bhiksuni Virya Diepa dengan khotbah singkatnya  mengatakan bahwa Prosesi lilin ini memiliki makna yaitu memberikan Kedamaian, Penerangan dan mengusir Kegelapan batin dalam diri manusia.


Turut mendampingi Walikota, Dirut PDAM Tirta Uli, Ka.BKD, Ka.PIT, Kadishub, Kadis Pertanian, Kadis Koperasi, Kadispora, Wadir 1 & III RSUD Djasamen Saragih, Kakan Arsip & Perpustakaan, Kakan Satpol, Kabag Humas & Protokoler, Kabag Kemas, Kabag Tapem, Kabag Kesra, Kabag Adm.Perkonomian, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana, mewakili Ka.Inspektorat, mewakili Kadispenda, Camat Siantar Timur dan Camat Siantar Martoba.